GnB Bakery Yogyakarta merupakan bisnis kuliner rumahan di daerah Yogyakarta yang sudah memiliki banyak pelanggan setia. Konsumen GnB Bakery Yogyakarta didominasi oleh konsumen yang setia dengan kualitas dan mengesampingkan harga jual yang relatif mahal dibandingkan dengan produk bakery sejenis. Kualitas produk GnB Bakery Yogyakarta yang telah melekat di hati para pelanggan hendaknya dapat dikomunikasikan kepada masyarakat sesuai segmentasi pasar. Perlunya dilakukan perancangan ulang identitas visual untuk membangun citra produk dan bersaing dengan kompetitornya. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan identitas visual berupa logo dan diaplikasikan ke beberapa media komunikasi disajikan dalam beberapa kategori bentuk, yaitu Kemasan, Stationery Sets, Katalog Resep, dan Kartu Ucapan.

Dalam proses perancangan ulang identitas visual melalui beberapa tahapan proses berkarya dengan urutan proses preliminary, proses pra-produksi, proses produksi dan proses pasca produksi. Perancangan ulang ini mengusung konsep unik dan modern yang dirumuskan dalam creative brief. Konsep unik dan modern pada desain corporate identity dan media komunikasi lainnya diimplementasikan dengan bentuk media yang dapat mencerminkan kesan unik serta kesan modern diimplementasikan pada tatanan layout serta pemilihan warna pada proyek perancangan ulang identitas visual.

Dengan dirancangnya identitas visual dan aplikasinya pada media komunikasi ini untuk membangun citra produk agar sesuai dengan segmentasi pasar dan bersaing dengan kompetitornya. Karena kualitas produk GnB Bakery Yogyakarta yang telah melekat di hati para pelanggan hendaknya dapat dikomunikasikan kepada masyarakat dan menjadi nilai tambah dan membuat suatu brand atau produk GnB Bakery Yogyakarta mencapai level yang lebih tinggi, serta memenuhi kebutuhan dan loyalitas konsumen atau pelanggan karena sebuah tampilan atau identitas produk akan sangat menentukan keputusan pembelian.

Leave a Reply