Pakaian tradisional dan rumah tradisional Nusantara diperkenalkan melalui beberapa mata pelajaran pada pendidikan dasar. Namun demikian banyaknya keragaman pakaian dan rumah adat nusantara menjadikan tantangan tersendiri bagi tenaga pengajar dalam menyampaikan materi tersebut. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa peserta didik di usia pendidikan dasar (7 – 14 tahun) mengalami kesulitan dalam memahami dan mengidentifikasi pakaian dan rumah adat nusantara.

Apabila permasalahan tersebut tidak diatasi sejak dini, dimungkinkan keberadaan pakaian adat dan rumah adat akan tergerus oleh perkembangan jaman dan generasi muda akan melupakan warisan tradisi yang merupakan local genius dari Indonesia.

Disisi lain perkembangan teknologi memungkinkan penyampaian informasi menjadi semakin mudah. Interaktif multimedia misalnya, mampu menyampaikan informasi secara menarik dan memiliki keunggulan dalam mengemas konten sedemikian rupa, sehingga audiense dapat menerima informasi dengan mudah, menarik dan mampu diakses oleh khalayak dalam ruang lingkup yang luas.

Multimedia interaktif pengenalan pakaian dan rumah adat nusantara ini bertujuan sebagai media pembelajaran alternatif guna memperkenalkan pakaian adat dan rumah adat seluruh provinsi di Indonesia. Dikemas dengan tampilan yang menarik, dan dilengkapi dengan audio dan beberapa permainan interaktif, yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran pelestarian warisan nusantara.

Multimedia ini dikemas dalam format aplikasi dekstop dan mobile (Android). Berikut tampilan visual dari interaktif media yang dimaksud.

multimedia_1

multimedia_murti_2

multimedia_murti_3

multimedia_murti_4

multimedia_murti_5

multimedia_murti_6