Bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang  penting dipelajari oleh masyarakat Indonesia khususnya yang beragama islam. Tidak hanya yang beragama islam, bahasa Arab juga sangat penting perannya berkaitan dengan kata serapan dalam bahasa Indonesia. Bahasa Arab sangat penting bagi masyarakat muslim Indonesia karena berhubungan dengan ibadah dan kitab suci umat muslim. Banyak orang tua yang inginmemberikan pendidikan yang lebih tentang agama kepada anak anaknya, salah satunya adalah pendidikanmembaca Alquran.

Beberapa media pembelajaran untuk membaca Alquran dan bahasa Arab di indonesiamasih tergolong kuno dan belum efektif bagi anak anak jaman sekarang. Jika melihat keadaan yan ada, anak-anak usia dini ( 4-6 tahun ) sudah sanagat akarab dengan gadget. Sedangkan bagaimana media pembelajaran mengenai membaca Al-quran dan bahasa Arab masih menggunakan media yang itu itu saja yaitu media klasik contohnya menggunakan buku atau semacamnya, sedangkan anak-anak jaman sekarang sudah lebih akrab dengan teknologi dan gadget. Dalam hal ini Multimedia ini dapat menjadi salah satu solusinya.

Dewasa ini multimedia dan hal-hal yang berkaitan dengan digital menjadi sorotan publik. Terbukti dengan makin meningkatnya produksi, penjualan, dan penggunaan gadget di kalangan masyarakat. Seiring berkembangnya zaman dan trend pada masyarakat khususnya di Indonesia, penggunaan gadget ( hal-hal yang berhubungan dengan digital ) terus mineingkat dalam hal penggunaan dan pengaplikasiannya. Salah satunya dalam dunia pendidikan atau belajar mengajar. Terbukti dengan maraknya game-game yang didalamnya mengandung unsur edukasi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi paradesainer multimedia guna menciptakan sebuah produk yang mampu menyadiakan kebutuhan masyarakat khusunya dalam bidang multimedia dan disain.

Leave a Reply