Kota Semarang merupakan kota metropolitan, dimana sebagian besar penduduknya bergerak di bidang jasa, perindustrian dan perdagangan mulai dari usaha kecil, menengah hingga besar. Salah satu contoh bidang usaha yang sedang berkembang pesat di Semarang saat ini adalah Usaha kaos sablon. Usaha kaos sablon adalah contoh bisnis yang menarik untuk dikembangkan karena kaos selalu mendapatkan tempat di hati semua orang, terutama para remaja untuk menunjang penampilan mereka.

Dengan melihat pesatnya perkembangan bisnis sablon kaos di Semarang, membuat para remaja di Semarang tertarik untuk membuka usaha kaos sablon. Usaha kaos sablon menjadi usaha pilihan para remaja karena usaha kaos sablon bisa menjadi sebuah tempat yang bisa membantu remaja menunjukan eksistensi mereka di dunia fashion, dengan cara mencetak desain mereka dan menjual kepada konsumen (reseller). Pada umumnya jasa kaos sablon hanya melayani pembuatan kaos dengan jumlah pemesanan minimal 1 lusin. Hal ini disebabkan, ramaja pada umumnya menghendaki desain kaos yang eksklusif yang tidak dipakai oleh orang lain. Dengan adanya batas minimal jumlah pemesanan, maka konsumen tidak dapat mencetak desain kaos mereka untuk dipakai sendiri dan tidak diperjual belikan, karena remaja jaman modern seperti sekarang selalu mencoba untuk tampil beda dengan orang lain. Besarnya permintaan pasar membuat banyak usaha kaos sablon memperluas target pemasaran mereka dengan cara menerima jasa kaos sablon satuan dengan menggunakan printing DTG (Direct to Garment).

Melihat banyaknya kompetitor yang muncul membuat persaingan di antara pengusaha kaos sablon semakin ketat. Kompetitor menggunakan berbagai cara untuk bisa menarik perhatian konsumen, seperti membuat diferensiasi, inovasi produk, menurunkan harga, melakukan promo diskon, dan lain-lain. Untuk bisa menyaingi kompetitor yang ada, Essays clothing harus membuat suatu inovasi yang berbeda dengan kompetitor lain. Maka Fatkhul Mujib selaku pemilik Essays clothing memutuskan untuk lebih mengembangkan usahanya dengan menerima jasa kaos sablon satuan. Dengan pengembangan jasa yang dilakukan, Essays clothing membutuhkan media untuk mempublikasikan jasa kaos sablon satuannya, agar calon konsumen dapat mengetahui secara jelas dan tertarik untuk mencoba jasa tersebut.

 

Leave a Reply