Pariwisata memiliki posisi sangat strategis dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Akhir tahun 2014, Kementerian Pariwisata di bawah komando Menteri Pariwisata Arief Yahya, melakukan relaunching program “Wonderful Indonesia” sebagai country branding dan juga “Pesona Indonesia” yang menjadi slogan destinasi wisata dalam negeri. Aksi ini bertujuan memperkuat daya saing pariwisata Indonesia, baik di dalam negeri maupun di dunia internasional (sumber). Travelling merupakan salah satu gaya hidup yang sedang populer di kalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Rutinitas sehari-hari yang diisi kesibukan dalam bekerja menjadikan banyak orang memilih travelling sebagai cara untuk merefleksikan pikiran sejenak. Sedikit kemungkinan jika para wisatawan datang ke obyek wisata tanpa melalui jasa biro perjalanan wisata. Kecenderungan wisatawan yang lebih mementingkan kebutuhan efisiensi waktu, dan serba praktis dalam bidang transportasi memberikan peluang besar bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnis ini.

Kini jasa biro perjalanan pariwisata mulai banyak bermunculan dengan berbagai penawaran harga dan fasilitas sebagai strategi menarik para calon konsumen. Salah satu perusahaan yang berpengalaman dalam bidang jasa tersebut adalah CV. Pintu Bali Tour & Travel, yang merupakan biro perjalanan wisata resmi berlokasi di Pulau Bali, beralamatkan di jalan Kampus Unud, Perum. Graha Anyar Blok D14 Jimbaran–Bali. Perusahaan ini memberikan solusi bagi para wisatawan yang membutuhkan layanan perjalanan wisata lengkap mulai dari paket tour, gathering, pemesanan tiket, hotel, villa, destinasi pariwisata, akomodasi perjalanan, sampai dengan semua aktivitas adventure. Perusahaan tersebut didirikan sejak 1 Januari 2006 dan dikelola oleh pemilik yang bernama Opstitiyon Werong Budiman.

Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa perjalanan wisata mendorong CV. Pintu Bali Tour & Travel terus memperluas sayap bisnisnya dan bermotivasi ingin memperbesar perusahaan menjadi PT (Perseroan Terbatas). Sekaligus mengganti nama perusahaan yang semula bernama CV. Pintu Bali Tour & Travel menjadi PT. Pintu Nusantara Tour Event & Travel Planner. Selama kurang lebih 10 tahun, perusahaan belum pernah melakukan pergantian logo. Melihat kondisi yang demikian, faktor-faktor di atas kemudian dapat dijadikan strategi sebagai upaya memperkuat posisi dan citra perusahaan agar keberadaannya semakin dikenal dan diakui oleh masyarakat. Hal tersebut yang melatarbelakangi perusahaan untuk melakukan perancangan ulang identitas visual dengan nama baru perusahaan “PT. Pintu Nusantara Tour Event & Travel Planner yang lebih mencerminkan karakter perusahaan serta dapat menerapkan identitas visual ke dalam media promosi yang tepat sehingga sesuai dengan harapan atau kondisi perusahaan.

Karya identitas visual yang telah dirancang berupa logo dan tagline diterapkan pada media promosi, seperti motion graphic animation, stationery set, member card, brosur, uniform, vehicle  dan merchandise. Media promosi yang dipilih merupakan perpaduan antara media promosi tercetak dan media online, sehingga diharapkan dapat berjalan sinergi dengan tujuan agar tiap media saling melengkapi.

Leave a Reply