Setiap usaha yang bergerak di bidang  jasa, dagang maupun industri pada umumnya, bertujuan untuk memperoleh peningkatan kemajuan usaha yang semakin baik, kelangsungan hidup usaha yang dibangun serta gambaran positif dari masyarakat mengenai usaha tersebut. Banyaknya produk yang ditawarkan oleh produsen kepada masyarakat maka persaingan di dalam industri ini semakin tajam. Akibatnya produsen dituntut untuk melakukan inovasi-inovasi lain produk yang baru, yang berbeda dari pesaing-pesaingnya untuk merebut minat konsumen dan menguasai pasar. Berbagai cara dilakukan oleh setiap pebisnis untuk memenangkan pangsa pasar yang potensial dalam kegiatan usahanya. Setiap usaha yang bergerak di bidang jasa, dagang maupun industri pada umumnya, bertujuan untuk memperoleh peningkatan kemajuan usaha yang semakin baik, kelangsungan hidup usaha yang dibangun serta gambaran positif dari masyarakat mengenai usaha tersebut.

Adapun jenis usaha yang  sedang  marak saat ini yakni usaha di sektor industri. Salah satu industri yang banyak diminati ialah industri makanan ringan, dan faktanya dapat dilihat di sepanjang jalan besar di kota Semarang banyak outlet yang menjual makanan ringan dengan beraneka ragam rasa dan kualitas. Perkembangan ini disebabkan mulai dari tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan dan keinginan masyarakat untuk menikmati berbagai rasa yang berbeda yang ditawarkan dengan berbagai macam penampilan serta harga yang  tidak terlalu  mahal sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat. Oleh karena itu semakin banyak pebisnis baru yang memiliki jiwa kewirausahaan membuka bisnis makanan ringan karena bisnis ini adalah bisnis yang tepat untuk dikembangkan.

Salah satu usaha makanan ringan yang cukup marak ialah jeli dengan menu utama yaitu rumput laut. Bisnis jeli ini cukup menggiurkan karena pesaingnya tidaklah begitu banyak dibandingkan usaha-usaha makanan yang lain.  Jeli Rumput Laut  merupakan salah satu usaha jeli  yang sedang berkembang.  Selama ini yang terletak di kawasan Semarang, Perum Wanamukti blok E no.27,  merupaka salah satu usaha kecil yang dijalankan oleh ibu-ibu PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) di Semarang. Mom’s Jelly (jeli rumput laut) selama ini belum banyak diketahui keberadaannya oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena lemahnya branding dari  “Mom’s Jelly” tersebut. Persaingan dalam dunia usaha memang menjadi hal yang sangat wajar. Akan tetapi, apabila hal tersebut tidak ditanggapi dengan serius maka akan menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi pengusaha dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu perlu adanya perancangan identitas visual sebagai media branding yang bagus agar suatu usaha yang sedang dikembangkan dapat berjalan lancar dan semakin maju. Dengan adanya perancangan identitas visual sebagai media branding yang bagus didapat produk usaha yang berbeda dengan produk lainnya, sehingga produk tersebut mempunyai ciri khas tersendiri yang diharapkan dapat melekat di hati para konsumen.

Leave a Reply