Untuk menjawab permasalahan akan publikasi informasi sajian kuliner khas Semarang yang kurang, maka diperlukan upaya untuk mendukung usaha pelestarian dan publikasi sajian kuliner lokal yang potensial sebagai aset pariwisata kota. Ide dasarnya adalah membuat resource informasi yang gratis, mudah diakses, dan disebar luaskan. Sehingga nantinya masyarakat dapat turut berperan dalam upaya persebaran informasi tersebut sebagai buzzer.Melihat kecenderungan masyarakat kini yang erat dengan gadget maka aset informasi tersebut juga harus compactible dengan kecenderungan masyarakat. E-book merupakan salah satu media pengemas informasi yang fleksibel. Format ini memudahkan pengguna untuk membuka informasi dengan gadget yang mereka punya. Maka dipilihlah e-book sebagai media compactible, kemudian untuk memberikan diferensiasi tampilan informasi perlu dibubuhkan aspek visual yang menarik dan dapat memantik rasa penasaran publik akan konten informasi. Maka dipilihlah ilustrasi sebagai aspek visual pendukung informasi yang berkaitan dengan publikasi sajian kuliner tradisional khas kota Semarang.

Kemudia untuk mempermudah akses informasi iini nantinya aset informasi akan di distribusikan melalui platform grafis yang terbuka dan mudah diakses masyarakat serta terbuka bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan set informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian aset informasi tersebut  nantinya menjadi miliki bersama dan dipublikasi secara kolektif sehingga nantinya informasi akan sajian kuliner khas dapat terpublikasi dengan lebih baik dan cakupan yang lebih luas. Karena aset informasi ini nantinya terbuka bagi masyarakat yang ingin turut berkontribusi mengambil peran dalam upaya pelestarian sajian kuliner khas kotanya.

maka untuk proses distribusi kreator karya bekerja sama dengan sebuah platform repository grafis dengan konten kota Semarang.

Leave a Reply