Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia semakin maju. Perkembangan teknologi dan informasi telah mempengaruhi kehidupan seluruh lapisan elemen masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Dewasa ini, kemajuan teknologi membuat anak-anak Indonesia lebih akrab dengan gadget canggih dan permainan-permainan modern seperti video games, games online, playstation. Semakin majunya teknologi, maka jenis permainan anak-anak pun ikut berkembang.

Arus perkembangan teknologi yang membuat anak-anak di Indonesia beralih kepada permainan-permainan modern, dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan  budaya  permainan  tradisional,  khususnya  di  pulau  Jawa. Akibatnya, permainan tradisional menjadi semakin memudar keberadaannya dari masyarakat. Semakin sedikit yang memainkannya dan semakin sedikit yang masih mengenal permainan tersebut. Untuk membantu menumbuhkan kesadaran anak-anak untuk turut serta menjaga eksistensi budaya, khusus dimulai dari permainan tradisional, sembari memperkaya diri dengan nilai-nilai edukasi positif yang tidak mereka dapatkan dari permainan-permainan modern. Maka sudah selayaknya jika eksistensi dari permainan tradisional  harus  dijaga. salah satunya adalah dengan menbuat sebuah media yang dapat menginformasikan permainan tradisional dan dapat menarik minat anak-anak terhadap permainan tradisional tersebut.

Dengan buku Pop-up yang memiliki visualisasi unik, tentu akan mampu menarik minat baca anak-anak sehingga dapat kembali mengenal permainan tradisional. Dengan demikian, eksistensi permainan tradisional akan tetap terjaga.