Seminar Nasional Desain Grafis

Seminar Nasional Desain Grafis "“POTENSI DAN TANTANGAN DESAIN GRAFIS SEBAGAI BIDANG INDUSTRI KREATIF DI ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY”.

Penyelenggara

Jurusan Senirupa
Jurusan Senirupa

Pembukaan

23-11-2016 - 8:00 am

Penutupan

23-11-2016 - 2:30 am

Tempat Kegiatan

gedung Dekanat FBS, Universitas Negeri Semarang   View map

LATAR BELAKANG

Perkembangan peradaban di abad ke 21 ini ditandai dengan  berkembang era revolusi digital. Hal utama yang menandai abad ini yaitu tumbuhnya sistem informasi dan komunikasi yang semakin diramaikan dan diisi dengan media digital, seperti teknologi komputer dan perangkat lunaknya, yang berimplikasi pada perkembangan bidang desain grafis sebagai salah satu bagian dari industri kreatif. Di segi lain, bidang sumberdaya manusia kian hari semakin memunculkan tantangan baru seiring dengan terbukanya akses antarnegara melalui Asean Economic Community yang juga dihadapi oleh Indonesia.

Sebagai bidang industri kreatif yang berusia begitu muda, desain grafis di Indonesia memiliki potensi dan tantangan dengan segala kompleksitasnya, baik sebagai komoditas industri kreatif maupun sebagai bidang profesi kreatif. Kondisi sosial, ekonomi, pendidikan, serta perkembangan teknologi menjadi faktor yang menciptakan sejumlah problematika dalam praktiknya. Berdasarkan itu, dalam lingkup industri kreatif, desain grafis sebagai profesi yang memiliki sejumlah potensi dan tantangan patut untuk didiskusikan secara akademik melalui Seminar Desain Grafis yang diselenggarakan oleh Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni UNNES.

TEMA SEMINAR

Atas dasar latar belakang pemikiran tersebut, seminar ini dilaksanakan dengan mengangkat tema besar “POTENSI DAN TANTANGAN DESAIN GRAFIS SEBAGAI BIDANG INDUSTRI KREATIF DI ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY”.

TUJUAN SEMINAR

Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut.

  • Ingin menggali dan membahas persoalan-persoalan yang berkenaan dengan upaya-upaya membangun kapasitas kreatif bidang desain grafis
  • Ingin memberikan kontribusi pemikiran akademik terkait perkembangan desain grafis di era masyarakat ekonomi ASEAN

WAKTU DAN TEMPAT

Rabu, 23 November 2016

Tempat: Ruang Bundar Dekanat FBS UNNES

 

PEMBICARA DAN PESERTA

Pembicara    :

  1. 1. Sujendro (Praktisi Desain Grafis, Jakarta)
  2.  Elex Media Komputindo, Penerbit Gramedia Jakarta.
  3.   Laras Safitri, S.Sn. (Praktisi Desain Grafis, Semarang)

PESERTA

  1.  1. Akademisi.
  2. Praktisi.
  3. Mahasiswa S1/ S2/ S3

JADWAL KEGIATAN

08.00-08.30          Daftar ulang peserta

08.30-09.00          Pembukaan

09.00-09.30          Coffe Break

09.30-12.00          Ceramah Narasumber Seminar secara Panel

12.00-13.00          Istirahat

13.00-14.30          Pemaparan Makalah Pendamping

14.30-15.00          Penutupan

 

poster-seminar-desain-grafis

Tentang Kegiatan

Phone

081805156852

Seminar Nasional Desain Grafis "“POTENSI DAN TANTANGAN DESAIN GRAFIS SEBAGAI BIDANG INDUSTRI KREATIF DI ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY”.