Pameran Seni Kriya Kontemporer Ornamen Nusantara

Pameran berlangsung selama 3 hari, memamerkan sejumlah karya kriya ukir dengan inspirasi oranamen nusantara.

Penyelenggara

Fahmi Muzzammil
Mahasiswa Pendidikan Senirupa - 2401409064

Pembukaan

13-01-2016 - 10:00 am

Penutupan

15-01-2016 - 10:00 am

Tempat Kegiatan

Gedung B5 Lantai 1 Jurusan Senirupa FBS Universitas Negeri Semarang   View map

Kebudayaan sebagai hasil budidaya manusia tumbuh dan berkembang dikarenakan interaksi antara manusia dengan lingkungan, baik lingkungan sosial, budaya, maupun dengan lingkungan manusia itu berada.

Kemajuan yang pesat dalam bidang pengembangan ilmupengetahuan dan teknologi tentunya membawa dampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Masyarakat khususnya kaum muda lebih mengerti dan suka hal-hal yang sifatnya “kekinian” dibanding dengan budaya tradisi.

Melihat dari fenomena yang telah disebutkan sebelumnya, hal tersebut mengindikasikan bahwa apresiasi masyarakat terhadap budaya daerah masih sangat rendah.

Tujuan pembuatan karya seni ukir kayu dengan judul “Seni Kriya Kontemporer dengan Pemanfaatan Ornamen Nusantara sebagai Upaya Konservasi Budaya” yaitu menciptakan karya seni melalui teknik ukir, yang dieksplorasi dalam berbagai bentuk, serta sebagai bentuk pelestarian sebagai warisan budaya Nusantara yang diimplementasikan melalui karya seni ukir kayu, dengan menggunakan subjek pokok yakni ornamen yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, dan Papua yang telah dimodifikasi atau digubah sesuai imajinasi, emosi, sebagai gagasan dasar dalam proses penggarapan karya.

Melalui karya kriya kayu yang disajikan berharap selain sebagai media apresiasi jugasebagai media pengenalan salah satu kekayaan budaya Indonesia kepada apresiator, serta wujud dari pelestarian ornament nusantara.

Tentang Kegiatan

Pameran 12 seni kriya ukir dengan memanfaatkan ornamen nusantara

Lihat Detail