Pameran Kanoman

Jurusan Seni rupa, Universitas Negeri Semarang sebagai salah satu ujung tombak seni rupa di Jawa Tengah memang diharuskan serius membangun iklim berkesenian di Semarang. Tak bisa dipungkiri peran para pengajar seni di sini juga dituntut memiliki kredibilitas tinggi dalam membangun iklim berkesenian via dua arah, yaitu penelitian seni dan kekaryaan

Pembukaan

24-09-2018 - 10:00 am

Penutupan

29-09-2018 - 3:00 pm

Tempat Kegiatan

Galeri B9 Universitas Negeri Semarang   View map

Jurusan Seni rupa, Universitas Negeri Semarang sebagai salah satu ujung tombak seni rupa di Jawa Tengah memang diharuskan serius membangun iklim berkesenian di Semarang. Tak bisa dipungkiri peran para pengajar seni di sini juga dituntut memiliki kredibilitas tinggi dalam membangun iklim berkesenian via dua arah, yaitu penelitian seni dan kekaryaan seni. Namun, sejauh ini minimnya wadah dosen Jurusan untuk berkarya membuat kondisi berkarya seni cenderung menurun.

Pasca berkurangnya banyak pengajar di Jurusan Seni Rupa yang akhirnya timpang dengan jumlah mahasiswanua, Jurusan ini nampak berbenah diri. Akhirnya dihadirkan beberapa pengajar muda yang memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing untuk membantu mengisi kekosongan. Hadirnya spirit muda, agaknya sedikit banyak menambah khasanah kebaruan dalam konsteks mengkonservasi kebudayaan yang selalu digadangkan UNNES. Untuk itu, Jurusan menyepakati untuk memberikan suguhan pameran yang mampu meningkatkan sivitas akademik.

Terminologi Kanoman sebenarnya adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menamai dosen Jurusan Seni Rupa yang masih aktif mengajar di UNNES, bukan berarti untuk membedakan dengan yang menjelang dan sudah purna, namun justru ini merupakan upaya kami untuk memberikan beliau ketenangan saat purna dan melepas Jurusan di tulang bahu kami yang masih lunak.

Image dan Imaji sebenarnya adalah satu tema yang digunakan untuk tujuan memberikan kesempatan ulang kepada para dosen Jurusan Seni Rupa untuk mengarahkan mahasiswa pada citra positif, hal ini tentu akan mempermudah semangat belajar dan mengajar. Memberikan mahasiswa role model ideal, selaku pengajar yang berkompetensi tertentu akan membuat mahasiswa memiliki patokan pengajar yang ideal menurutnya, sehingga sangat perlu peserta pameran menjelaskan kondisi dirinya sebaik mungkin, dan memberikan kesan pada pengajar adalah sosok yang dicintai, tentu setelah mahasisw memahami prespektif pengajarnya, jika dilihat dari sudut yang berbeda.

Pameran KANOMAN akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 29 September 2018 berlokasi di galeri B9 dan akan dibuka pada hari Senin 24 September jam 10:00 WIB

Tentang Kegiatan

Pameran Dosen Jurusan Senirupa 2018, never miss it!!

Leave a Reply