Pameran Guyub Rupa 7

flayer submision doang

Rabu (01/11) Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang mengadakan pameran Guyub Rupa #7 yang dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Oktober 2017 di Auditorium Universitas Negeri Semarang. Ini merupakan Pameran Guyub Rupa ke-7 yang mengangkat tema “HUMANDROID” dengan mengambil pijakan tentang suatu keadaan yang berkaitan dengan “kritik sosial” yang ada di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Jadi Humandroid adalah suatu keadaan dimana manusia diperdaya oleh suatu sistem atau aturan-aturan yang membuat manusia dibatasi. Dari tema “HUMANDROID” diharapkan akan menginspirasi tiap-tiap individu yang terlibat dalam pameran ini untuk merespon dan mengkritisi suatu keadaan tersebut, dan diwujudkan dalam bentuk karya seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi.

Pada kegiatan pameran Guyub Rupa #7 akan ada serangkaian acara, yaitu pameran seni  rupa tahunan sebagai kegiatan utama, dan kegiatan lain seperti mural edukatif, bazar seni, workshop cukil, dan serangkaian acara lainnya. Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah di pameran Guyub Rupa #7 mengadakan pra-event “Dasar-dasar Wooden Painting” bersama anak SD Semesta yang berlokasi di Jl. Dr Setia Budi No 116, Sumur Boto, Banyumanik, Semarang Jawa Tengah pada tanggal 29 September 2017. Hasil karyanya nanti akan dipamerkan dalam pameran Guyub Rupa #7.

Pameran Guyub Rupa #7 ini GRATIS dan dibuka untuk umum loh!! Jadi siapa saja boleh hadir dan menyaksikan karya-karya dari perupa se-Jawa Bali. Selain itu akan ada games seru dan hiburan yang menarik nih pastinya, jadi jangan sampai ketinggalan ya. Pantau terus di sosial medianya, rasakan keseruaannya, dan dapatkan hadiahnya.

Guyub Rupa merupakan sebuah event pameran seni rupa yang di pelopori oleh mahasiswa Seni Rupa Universitas negeri Semarang. Untuk tahun ini adalah tahun ke 7 Guyub Rupa kembali hadir menampilkan karya terbaik para seniman/perupa  di berbagai daerah , dalam event yang berbeda dari sebelumnya. Guyub Rupa #7 memiliki konsep dari pijakan tentang suatu keadaan yang berkaitan dengan “kritik sosial”.

Kali ini Guyub Rupa #7 mengusung judul HUMANDROID. Apa sih yang dimaksut HUMANDROID? Humandroid adalah gabungan dari dua kata “Human” dan “Android”. Kata human menurut KBBI yang berati manusia , sedangkan kata android diambil dari bahasa Yunani “andr” yang berati “ laki-laki” dan akhiran “-eides”  yang berarti “dari spesies, meyerupai”. Android disini diartikan sebagai robot menyerupai manusia . Jadi humandroid adalah suatu keadaan dimana manusia diperdaya oleh suatu sistem. Sistem yang dimaksut merupakan aturan-aturan yang membuat manusia dibatasi . Karena kita sebagai manusia seakan-akan hidup sebagai budak dari dogma , doktrin , kepercayaan , lembaga, institusi , politik atau kepentingan yang lain dari masyarat tertentu. Kita belum memahami arti kebebasan yang sesungguhnya, padahal manusia tidak diciptakan atau tercipta untuk menjadi robot. Manusia juga tidak berhak mengubah manusia lain menjadi robot yang bisa di setting atau diprogram.

Untuk Maskot Guyub “Humandroid” mengambil konsep dari balerina music box yang merupakan kotak musik yang memutar objek diatasnya secara statis dan monoton.  Kotak ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : Bagian pertama : Tuas pemutar, yang digunakan sebagai alat perintah untuk kepentingan pribadi. Bagian kedua : Mesin pemutar, untuk mewakili sistem yang menggerakan suatu objek. Bagian ketiga : Objek manekin, mengapa digambarkan dengan manekin ? Karena manekin bersifat universal dan umum yang berarti tidak tertuju hanya pada satu golongan/profesi tertentu. Manekin tersebut berputar searah dengan pose yang statis untuk memunculkan kesan terkekang pergerakannya, objek hanya bergerak jika ada perintah untuk suatu kepentingan.

Get ready for Guyub rupa#7 Pantau terus kegiatan kita dan jangan lewatkan acaranya , apresiasi karya seni dari seluruh daerah ini, dijamin keren. Yuk kepoin Teaser GUYUB RUPA #7 lihat dengan klik Klik Disini

 

Pra Event Guyub Rupa 7

Guyub Rupa #7 kembali hadir dalam Pra Event pada Workshop seni dan desain dengan materi “Dasar-dasar Wooden Painting” . Kegiatan ini merupakan rangkaian pra-event dari pameran Guyub Rupa #7 yang dilaksanakan di Sd Semesta Jl. Dr Setia Budi No 116, Sumur Boto, Banyumanik, Semarang Jawa Tengah dengan mengajak anak SD Semesta untuk berpartisipasi mengasah kreatifitas mereka untuk membuat suatu karya dengan media Wooden Painting. Hasil karya yang telah dibuat nantinya akan turut serta di pamerkan dalam pameran Guyub Rupa #7.

Leave a Reply