Pameran Potensi Ekraf 2017

Pameran Potensi Ekraf 2017

Industri kreatif merupakan industri pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu. Untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan, dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu. Indonesia memiliki basis sumber daya manusia (SDM) cukup banyak bagi pengembangan ekonomi kreatif. Saat ini telah memasuki era ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreativitas SDM sebagai faktor produksi utama. Ini didukung dengan komposisi jumlah penduduk usia muda sekitar 43 persen.

Data perkembangan ekonomi kreatif tahun 2012 menunjukkan, sektor ini memiliki kontribusi positif yang tidak kalah dibandingkan sektor lain. Disebutkannya, ekonomi kreatif menempati posisi ke-7 dari 10 sektor ekonomi nasional, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 6,9 persen atau senilai Rp 573,89 triliun.

Ekonomi kreatif menempati posisi ke-4 dari 10 sektor ekonomi, dalam kategori penyerapan tenaga kerja pada tahun 2012. Dengan jumlah penyerapan tenaga kerja sebanyak 11.799.568 orang atau 10,65 persen pada angkatan kerja nasional. Ekonomi kreatif juga menempati posisi ke-3 dari 10 sektor ekonomi dengan 5.398.162 unit usaha atau menyumbang 9,72 persen dari total jumlah usaha tahun 2012, dan terus mengalami peningkatan secara positif.

Saat ini, terdapat 16 sub-sektor industri kreatif di Indonesia. Yakni DKV, periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fesyen, video, film dan fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan peranti lunak, televisi dan radio, riset dan pengembangan, serta kuliner.

Jurusan Senirupa Unnes yang di dalamnya terdapat prodi Seni Rupa dan Desain Komunikasi Visual memposisikan diri sebagai penyedia SDM kreatif yang memiliki skill, keterampilan, kreatifitas dan sikap (attitude) yang baik. Pada tahun 2017, Jurusan Seni rupa Unnes kembali menyelenggarakan pameran karya yang berpotensi sebagai penunjang kegiatan ekonomi kreatif diantaranya : kriya, keramik, fotografi, Desain Komunikasi Visual dan Aplikasi.

Melalui pameran ini Jurusan Seni Rupa UNNES mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penggerak ekonomi kreatif nasional.

Leave a Reply