Infografik Alur Skripsi / Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Senirupa

Infografik Alur Skripsi / Proyek Studi Mahasiswa Jurusan Senirupa

Berdasarkan data statistik Universitas, Mahasiswa Jurusan Senirupa memiliki prosentasi kelulusan tepat waktu yang rendah ( < 20%) hal ini dikarenakan beberapa faktor. Salah satu faktor penyebab tertundanya kelulusan mahasiswa Jurusan Senirupa adalah kurangnya pemahaman mahasiswa tentang alur pelaksanaan skripsi/proyek akhir. Mahasiswa menganggap prosedur yang komplek sulit untuk dilalui dalam waktu yang relatif singkat (1-2 semester).

Untuk itu melalui halaman ini ditampilkan infografik alur pelaksanaan skripsi/tugas akhir, berikut penjelasan detail mengenai prosedur pelaksanaan skripsi dan tugas akhir tersebut.

Contoh Formulir dan Borang dapat diunduh di halaman download

ALUR SKRIPSI/PROYEK STUDI/TA

  1. Mahasiswa telah menginput atau mengambil MK Skripsi atau Tugas Akhir dalam Kartu Rencana Studi (KRS). Selanjutnya mahasiswa mengambil Formulir Usulan Topik Skripsi (manual) (Form 1)  dan Formulir  Borang Pilihan Dosen Pembimbing (manual) (Form 2)  di bagian administrasi Jurusan Seni Rupa. Formulir Usulan Topik Skripsi diisi maksimal 3 alternatif Topik  Skripsi/ PS/TA.  Borang pilihan dosen pembimbing diisi maksimal 5 alternatif dosen pembimbing.
  2. Formulir Usulan Topik Skripsi (manual) dan Formulir Borang Pilihan Dosen Pembimbing Skripsi/ PS/TA (manual) yang sudah diisi mahasiswa dikonsultasikan ke koorprodi untuk diputuskan topik yang terbaik dan pembimbing yang sesuai dengan topik. Mahasiswa Prodi Seni Rupa (Kons DKV, Gbr, Lukis)  S1 konsultasi ke Koorprodi  SR S1 Supatmo, SPd, MHum. Mahasiswa Prodi DKV D3 konsultasi ke Koorprodi DKV D3  Rahina Nugrahani, SSn, MDs. Mahasiswa Prodi PSR S 1 konsultasi ke Ketua Jurusan Seni Rupa Drs Syakir MSn selaku Koorprodi PSR S1.
  3. Mahasiswa menulis topik yang sudah disetujui koorprodi atau kajur ke SITEDI secara online  untuk  mendapatkan printout Formulir Usulan Topik Skripsi (Sitedi) (Form 3). Setelah mendapatkan topik dan penguji, khusus mahasiswa DKV mengisi Formulir Usulan Pembimbing (manual) (Form 4)   untuk dimintakan  tanda tangan Kajur SR dengan syarat mahasiswa DKV D3 harus menyerahkan fotocopy Borang Pilihan Dosen Pembimbing (manual), fotocopy Formulir Usulan Pembimbing (manual)  dan fotocopy kwitansi Jurnal Imajinasi dari Rahina Nugrahani ke sekjur sebelum meminta  tanda tangan Kajur SR.  Setelah itu,  Formulir Usulan Pembimbing (manual)  diserahkan ke TU Dekanat FBS Kasubbag Akademik tanpa melalui SITEDI agar dibuatkan Surat Keputusan Pembimbing Skripsi/PS/TA dari Dekan FBS.
  4. Formulir Usulan Topik Skripsi (Sitedi) yang sudah ditandatangani mahasiswa kemudian dimintakan tanda tangan ke Ketua Jurusan Seni Rupa.
  5. Mahasiswa menyerahkan Formulir Usulan Topik Skripsi (Sitedi) dan Formulir Borang Pilihan Dosen Pembimbing  ke Sekjur Seni Rupa untuk diinputkan data dosen pembimbing  lewat SITEDI sehingga bisa di-printout-kan Formulir Surat Usulan Pembimbing (Sitedi) (Form 5 dengan syarat bukti fotocopy  kwitansi pembelian Jurnal Imajinasi dari Rahina Nugrahani SSn, MDs. Formulir Surat Usulan Pembimbing kemudian dimintakan tanda tangan Kajur SR.
  6. Mahasiswa menyerahkan Formulir  Surat Usulan Pembimbing ke TU FBS bagian Akademik dan Kemahasiswaan untuk dimintakan Surat Keputusan Pembimbing Skripsi/PS/TA dari Dekan FBS (Form 6).   
  7. Mahasiswa dapat melakukan proses pembimbingan Skripsi/PS/TA setelah memperoleh Surat Keputusan Pembimbing Skripsi/PS/TA dari Dekan FBS.
  8. Mahasiswa melakukan bimbingan Skripsi/PS/TA untuk setiap pembimbing minimal 8 x pertemuan ditandai dengan rekapitulasi bimbingan di SITEDI.  Berdasarkan surat Edaran Dekan FBS Nomor 2991/UN37.1.2/TU/2016 dalam rangka  peningkatan layanan pelaksanaan bimbingan Skripsi/ Proyek Studi/ Tugas Akhir terhadap mahasiswa dengan ketentuan sebagai berikut (1) Waktu pembimbingan Skripsi/ Proyek Studi/ Tugas Akhir diharapkan berlangsung antara 6 bulan s.d 12 bulan (2) Jika kurun waktu 6 bulan tidak ada proses bimbingan karena ada hambatan teknis dari dosen pembimbing, mahasiswa dapat mengajukan penggantian dosen pembimbing dan sebaliknya apabila dalam tempo 6 bulan dosen gagal melakukan komunikasi dengan mahasiswa sehingga mahasiswa tidak pernah melakukan pembimbingan, dosen diperbolehkan mengajukan surat keberatan pembimbingan.
  9. Mahasiswa mengajukan usulan ujian skripsi jika  dosen pembimbing 1 dan dosen pembimbing 2 sudah menyatakan selesai bimbingan dengan mengakhiri bimbingan lewat SITEDI.
  10. Mahasiswa bisa mengajukan ujian sidang Skripsi/PS/TA dengan persyaratan sebagai berikut.
NO PERSYARATAN DAFTAR UJIAN SKRIPSI/PS/TA
1 Fotocopy Regristasi Administratif/Pembayaran SPP-Sardik Semester Aktif Terakhir
2 Fotocopy KTM Yang Masih Aktif
3 Surat Keterangan Menghadiri Ujian Skripsi
4 Fotocopy Kwitansi Pembelian Jurnal Imajinasi
5 Transkip Nilai Akademik Otentik dari SIKADU
6 Lembar Verifikasi Struktur Kurikulum yang Diketahui oleh Dosen Wali (Formulir dapat diambil di Tenaga Administrasi Jurusan Seni Rupa Bu Padang) (Form 7 
7 Surat Keterangan  Penyerahan  Softcopy Karya PS/TA dari  Wandah Wibawanto, SSn, MDs (bagi yang mengerjakan PS/TA) (Formulir dapat diambil di Tenaga Administrasi Jurusan Seni Rupa Bu Padang) (Form 8 
8 Fotocopy Kwitansi Pelunasan Sumbangan BKOM (Badan Koordinasi Orang Tua Mahasiswa) FBS  dari bendahara BKOM Bpk Soedjono di kantor Dekanat FBS (Form 9 
9 Surat Keterangan Bebas Perpustakaan Jurusan Seni Rupa dari Kepala Laboratorium SR Drs Onang Murtiyoso, MSn (Form 10 
10 Fotocopy Sertifikat TOEFL atau Fotocopy Surat Keterangan telah melaksanakan Test TOEFL dari Pusat Pengembangan Bahasa dan Pelatihan Pendidikan UNNES dengan skor minimal 400.  Bagi yang belum mencapai skor 400 maka proses SITEDI tidak akan dapat diproses.  Fotocopy sertifikat TOEFL sebelum diserahkan ke Sekjur  harus dicek keasliannya  dengan bukti telah ditandatangai oleh  tenaga administrasi SR Bu Padang. (Form 11)

 

  1. Mahasiswa harus sudah menyiapkan berkas ujian berupa naskah ujian Skripsi/ PS/TA dan artikel Skripsi/ PS/TA yang telah digandakan masng-masing sejumlah 4 buah. Artikel harus mengikuti sistematika  manuskrip seperti pada template Eduart (Jurnal Prodi Pendidikan Seni Rupa) dan  Arty (Jurnal Prodi Seni Rupa). Sistematika penulisan artikel  dalam bentuk manuskrip dan template Jurnal Eduart dan Jurnal Arty diunduh di sini.  Contoh Halaman Depan Artikel Arty dan Eduart (Form 12).
  1. Mahasiswa harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan koorprodi untuk dipilihkan penguji yang sesuai dengan substansi naskah ujian Skripsi/PS/TA. Mahasiswa Prodi Seni Rupa (Kons DKV, Gbr, Lukis) S1 harus berkonsultasi ke Koorprodi Supatmo, SPd, MHum. Mahasiswa Prodi DKV D3  berkonsultasi ke Koorprodi Rahina Nugrahani, SSn, MDs. Mahasiswa Prodi PSR S 1 berkonsultasi ke Ketua Jurusan Seni Rupa Drs Syakir MSn.
  1. Setelah mendapatkan nama penguji dari Koorprodi, mahasiswa memproses usulan ujian ke sekjur  untuk diproses lewat sitedi sehingga mendapatkan  printout usulan dosen penguji lewat SITEDI yang  berisikan  mengenai identitas nama ketua, sekretaris, penguji 1, 2 3, waktu, & tempat ujian.
  2. Mahasiswa mengambil Formulir Surat Tugas Panitia Ujian Sarjana (manual) (Form 13 di  Sekjur untuk diisi sesuai  Printout Usulan Dosen Penguji (Sitedi) kemudian dimintakan tanda tangan ke Ketua Jurusan Seni Rupa. Setelah memperoleh susunan panitia ujian dari sekjur, mahasiswa juga menulis  susunan panitia ujian, waktu, tempat sidang secara manual dengan pulpen  ke Halaman Cover Empat Naskah Skripsi (Form 14).
  3. Mahasiswa menyerahkan satu berkas naskah skripsi dan artikel yang telah dikemas berdasarkan ketentuan untuk Sekretaris Ujian Sidang ke Sekretaris Jurusan sedangkan penyerahan naskah ujian skripsi untuk penguji 1,2,3 bisa dilakukan setelah mahasiswa mendapatkan Surat Tugas Panitia Ujian Skripsi dari Dekan FBS. Berikut ini ketentuan pengemasan naskah ujian Skripsi/PS/TA.
KETENTUAN PENGEMASAN NASKAH UJIAN SKRIPSI/PS/TA PERPRODI
Berkas Persyaratan Pendaftaran Berkas persyaratan distaples sesuai urutan persyaratan dengan cara dikemas dalam stofmap kertas yang telah dimasukan dalam stofmap plastik putih transparan. Cover stofmap kertas harus tertulis identitas Nama, NIM, Prodi, dan Judul Skripsi/Proyek Studi/TA. Untuk Mahasiswa Prodi PSR S1 stofmap kertas harus berwarna merah, SR S1 stofmap kertas berwarna kuning, dan DKV D3 stofmap kertas berwarna biru.
Berkas Sebelum Ujian Naskah skripsi  dan  artikel  dikemas dalam amplop coklat yang covernya merupakan halaman judul Skripsi/PS/TA dan sudah diberi keterangan susunan panitia ujian (Ketua, Sekretaris, Penguji 1, Penguji 2, Penguji 3), waktu, dan tempat sesuai dengan Surat Tugas Ujian Skripsi dari Dekan FBS.
  1. Setelah diisi, Formulir Surat Tugas Panitia Ujian Sarjana diserahkan ke TU Dekanat FBS bagian Kasubbag Akademik dan kemahasiswaan untuk dibuatkan Surat Tugas Panitia Ujian Skripsi  (Form 15)  yang dikeluarkan Dekan FBS. Mahasiswa dapat mengambil Surat Tugas Panitia Ujian Skripsi yang dikeluarkan Dekan FBS di TU Dekanat FBS bagian Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan setelah satu hari dari waktu penyerahan.
  2. Setelah mendapatkan Surat Tugas Panitia Ujian Skripsi yang dikeluarkan Dekan FBS,   mahasiswa diharapkan menyerahkan berkas ujian (naskah ujian Skripsi/PS/TA dan Artikel Manuskrip)  yang telah dikemas sesuai dengan ketentuan perprodi  kepada penguji 1, penguji 2, penguji 3  secara langsung maksimal 4 hari sebelum ujian (Khusus berkas ujian untuk sekretaris ujian sidang telah diserahkan ke sekjur saat mahasiswa mendaftar ujian)
  3. Mahasiwa melakukan ujian sidang. Setelah selesai sidang, mahasiswa yang diterima dengan revisi kemudian melakukan proses bimbingan revisi pada penguji 1, 2, 3 secara berjenjang. Revisi Skripsi/PS/TA dianggap sudah selesai ketika pembimbing 1 dan pembimbing 2 sudah menyatakan selesai revisi pada dengan bukti tandatangan pada naskah Skripsi/PS/TA. Khusus bagi pembimbing pertama  selesai revisi juga harus dinyatakan dalam SITEDI. Batas revisi maksimal adalah 3 bulan sejak hari ujian skripsi.  Tiga bulan ini dihitung sejak  mahasiswa ujian skripsi sampai  dosen penguji 1, penguji 2, dan penguji 3 sudah memasukan nilai hasil ujian skripsi ke SITEDI. (mahasiswa DKV D3 tidak menggunakan model SITEDI)
  4. Mahasiswa juga harus harus meminta persetujuan selesai bimbingan artikel hasil penelitian dalam format manuskrip yang siap untuk dipublikasikan dalam Jurnal Prodi online Eduart dan Arty dengan bukti pembimbing 1 dan pembimbing 2 telah membuhkan tandatangan pada Form Penilaian Manuskrip Penelitian Skripsi/PS (Form 16) (mahasiswa DKV D3 tidak menggunakan model penulisan artikel dengan model EDUART dan ARTY)
  5. Mahasiswa menemui sekjur untuk meminta validasi revisi laporan Skripsi/ PS/TA. Sekjur bisa memvalidasi revisi laporan  skripsi apabila penguji 1, 2, dan 3 sudah menginput nilai ujian skripsi.
  6. Mahasiswa mengurus SBVT (Surat Bukti Validasi Transkip) sebagai bukti telah lulus menempuh semua MK minimal 144 maksimal 160 SKS bagi mahasiswa PSR S1, SR S1 dan minimal 110 maksimal 120 SKS bagi mahasiswa DKV D3. Mahasiswa harus menyerahkan berkas persyaratan SBVT ke sekjur agar dapat diproses SBVTnya.
NO SYARAT  MENDAPATKAN SBVT
1 Mahasiswa  sebagai alumni menyumbang sebesar  Rp 150.0000,­- untuk  perpustakan Jurusan  Seni Rupa dan menerima Bukti  Pembayaran Sumbangan Alumni yang telah ditandatangani sekjur (Form 17)
2 Mahasiswa telah menyerahkan  laporan Skripsi/PS/TA ke pembimbing 1 dan pembimbing 2 masing-masing satu buah dengan bukti dosen pembimbing sudah membubuhkan tanda tangan pada Formulir Bukti Tanda Terima Penyerahan Skripsi, Laporan PS/TA,  CD dan Karya Koleksi Jurusan (Form 18).
3 Mahasiswa telah menyerahkan  2 karya  PS/TA (bagi yang mengerjakan PS dan TS)  ke Kepala Laboratorium  Seni Rupa Drs Onang Murtiyoso MSn dengan bukti Ka. Lab. sudah membubuhkan tanda tangan pada Formulir Bukti Tanda Terima Penyerahan Skripsi, Laporan PS/TA, CD dan Karya Koleksi Jurusan. Dan, mahasiswa juga telah menyerahkan  1 karya  PS/TA (bagi yang mengerjakan PS dan TS)  ke setiap  Dosen Pembimbing  dengan bukti Dosen Pembimbing sudah membubuhkan tanda tangan pada Formulir Bukti Tanda Terima Penyerahan Skripsi, Laporan PS/TA,  CD dan Karya Koleksi Jurusan  (Jika memang ada penyerahan karya dari mahasiswa).
4 Mahasiswa telah  menyerahkan: (1)  Laporan Skripsi/PS/TA 1 buah,  (2) CD (Skripsi dan Artikel bagi mhsswa PSR S1dan SR S1 harus berformat Jurnal Eduart dan  Arty), (3) Formulir  Cetakan Bukti Upload File Skripsi di SITEDI (mahasiswa DKVD3 tidak diwajibkan), (Form 19) dan (4) Cetakan Bukti  Upload    Jurnal Eduart (mhs PSR) dan  Arty (Mhs SR)  (Form 20) (mahasiswa DKVD3 tidak diwajibkan),  ke Sekjur Seni Rupa dengan bukti sekjur telah tanda tangan pada Formulir Bukti Tanda Terima Penyerahan Skripsi, Laporan PS/TA,  CD dan Karya Koleksi Jurusan.  Khusus CD sebelum diserahkan ke Sekjur  harus dicek dan dicopy  isi materi  CD ke  komputer jurusan oleh  tenaga administrasi Seni Rupa Bu Padang.
5 Mahasiswa menyerahkan  langsung Formulir Bukti Tanda Terima Penyerahan Skripsi, Laporan PS/TA,  CD dan Karya Koleksi Jurusan  ke sekjur.
NO KETENTUAN SUBSTANSI  DAN  KEMASAN  CD  SKRIPSI/ PS/TA
1 Artikel  yang  disimpan dalam CD  harus  dalam dua jenis format yaitu Word Document 2010  dan  PDF. Mahasiswa DKV D3 tidak membuat artikel.
2 Cover CD harus sudah diberi identias berupa Logo UNNES, Judul Skripsi, Keterangan   substansi isi  file yaitu Skripsi/PS/TA dan Artikel, Nama Mahasiswa, NIM, Prodi, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, UNNES,  dan Tahun. Contoh Penulisan Identitas CD (Form 21).
3 PSR S1, SR S1 dan DKV D3 Wadah CD berbentuk lingkaran.  PSR S1 bewarna merah. SR S1 bewarna kuning DKV D3 bewarna biru.
  1. Mahasiswa dalam  proses pengurusan SBVT harus sudah memastikan bahwa Mata Kuliah yang diprogram sudah memenuhi  Lembar Verifikasi Struktur  Kurikulum  oleh dosen wali.
  2. Mahasiswa bisa menghapus beberapa mata kuliah yang tidak sesuai dengan struktur kurikulum angkatan pada saat pengurusan SBVT sebelum divalidasi sekjur. Mahasiswa menerima SBVT yang sudah dicetak atau printout oleh sekjur. Mahasiswa harus memintakan tandatangan SBVT  kepada sekjur, koorprodi/ kajur  untuk  diteruskan ke Dekan FBS agar SBVT tersebut dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan wisuda.

Imaji adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, dengar, dirasakan yang pada akhirnya dapat menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif dan kreatif

5 Comments

  • mata kuliah TA setau saya bisa diambilnya di semester 8. apakah bisa konsultasi TA dilakukan di smester 7? mungkin itu bisa sangat membantu bagi mahasiswa bidikmisi yang berkewajiban lulus di semester 8. terimakasih

    ihdizein
    • Bisa, sangat mungkin. Semakin cepat semakin baik

      imaji
    • Bisa, mendaftar dan mengkonsultasikan proposalnya dulu. Setelah dapat dosen pembimbing dan persetujuan judul, maka semester 8 tinggal jalan

      Wandah Wibawanto
  • cara mendapat pedoman penulisan skripsi bagaimana?

    RIA_RYA

Leave a Reply