Guyub Rupa 6

GUYUB RUPA adalah sebuah pameran seni rupa tingkat mahasiswa yang dipelopori oleh mahasiswa Seni Rupa, Universitas Negeri Semarang. Tahun ini adalah tahun ke-6 bagi Guyub rupa, kali ini Guyub rupa #6 sedikit berbeda dengan sebelumnya. Guyub rupa #6 yang akan diselenggarakan pada tanggal 16,17, dan 18 September, 2016 merupakan salah satu rangkaian dalam event paralel Biennale Jawa Tengah yang pertama kalinya diadakan di Jateng itu sendiri. Semarang yang terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara, maka daerah Kota Lama lah yang dipilih untuk menjadi pusat kegiatan guyub rupa #6 maupun Biennale Jawa Tengah.

_mg_0646

 

 

TEMA PAMERAN  GUYUB RUPA #6

“HISTOMORIES”

          HISTOMORIES adalah gabungan dai dua kata. HISTORY dan MEMORIES. History berasal dari bahasa inggris yang berarti sejarah. Memories juga berasal dari bahasa inggris yang berarti ingatan tentang satu peristiwa, kejadian atau ingatan yang pernah terjadi atau sudah terjadi pada kurun waktu yang telah lalu (lampau), telah terjadi. HISTOMORIES adalah ingatan atau kenangan akan suatu peristiwa  yang pernah terjadi di masa lalu dan menjadi sejarah, baik yang tercatat ataupun belum tercatat.

Konsep histomories ini mengambil pijakan tentang sejarah yang berkaitan dengan berbagai hal. Sejarah yang berkaitan dengan fisik (gedung, situs, ruang/artefak)  dan sejarah yang berkaitan tentang individu-individu yang berhasil mencatatkan diri dalam memori kolektif masyarakat/negara (sosok pahlawan, seniman, pemberontak dll). Dari tema histomories ini diharapkan akan menginspirasi tiap individu-individu yang terlibat dalam pameran ini untuk merespon dalam berbagai wujud karya baik karya 3 dimensi maupun 2 dimensi.

Sumber-sumber sejarah dan memory ini banyak tersebar diwilayah jawa tengah. Banyak hal yang bisa digali dan diserap sebagai bahan  untuk diwujudkan dalam karya senirupa. Dari kajian dan serapan akan sejarah diharapkan akan menjadi satu pijakan untuk melangkah kedepan menuju kearah yang lebih baik. Sebagai  bahan kritikan, paparan atau tolak ukur untuk kemajuan dimasa depan. Dengan visual karya senirupa yang menarik, cerdas dan unik diharapkan masyarakat akan dapat melihat perkembangan seni, budaya dan pemikiran para seniman-seniman muda dalam merespon tema HISTOMORIES.

Sementara maskotanya adalah berupa burung gagak yang diberi nama TOMO. Tomo diambil dari tema guyub rupa tahun ini sendiri yaitu hisTOMOries.

 

Guyub Rupa 6 dalam media

sumber : National Geographic Indonesia

sumber : Gerobak Hysteria

Leave a Reply