Petunjuk Mengisi KRS Jurusan Senirupa

Petunjuk Mengisi KRS Jurusan Senirupa

Petunjuk dalam mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) mahasiswa Jurusan Senirupa Unnes

Sering kali mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengisi KRS, untuk itu melalui halaman ini disajikan perunjuk pengisian KRS sesederhana mungkin agar mempermudah mahasiswa dan meminimalisir kesalahan yang ada.

PETUNJUK MENGINPUT KRSJURUSAN SENI RUPA

MAHASISWA PRODI PSR, SR DAN DKV D3

  1. Mahasiswa Prodi PSR S1, SR S1, DKV D3 ketika menginputatau mengambil mata kuliah ke KRS (Kartu Rencana Studi) harap menyesuaikan struktur kurikulum per angkatan. Pengambilan mata kuliah harus disesuaikan per kelas.Keterangan: Rombel menunjukkan jumlah mata kuliah. Kelas menunjukkan satuan kelompok mahasiswa yang telah disetting agar pengambilan mata kuliah tidak tumbuk.
  2. Terdapat mata kuliah yang rombelnya dibagi menjadi 1, 2, atau 3. Khusus mata kuliah prodi DKV D3 semua hanya 1 rombel.Keterangan :Hal ini berkaitan dengan jumlah peminat mata Kuliah yang tidak sama .
  3. Setiap mahasiswa ketika akan mengambil mata kuliah yang telah diprogram (dipesan) sebelumnya harus dalam kelas yang sama. Kelas yang sama ditunjukkan melalui keterangan mata kuliah tersebut dalam kode kelas A dan Kelas B ataupun Kelas C. Pembagian kelas A dan B ataupun C tersebut dilakukan agar mahasiswa tidak mengalami tumbukan dengan mata kuliah yang akan diambil.Keterangan : Mahasiswa jangan mengambil mata kuliah terkode kelas A kemudian mengambil mata kuliah terkode kelas B.
  4. Terdapat mata kuliah terjadwal dalam satu rombel sehingga mata kuliah tersebut tidak keterangan kode kelas A, B, dan C. Terdapat mata kuliah terjadwal dalamdua rombelsehingga akan terkode Kelas A dan Kelas B. Terdapat   mata kuliah terjadwal tiga rombelsehingga mata kuliah tersebut akan terkode Kelas A, Kelas B, dan Kelas C. Dan, terakhir ada mata kuliah terjadwal satu rombel namun diberi keterangan dengan kode Pilihan.Keterangan : Mahasiswa harus mencermati struktur kurikulum. Kode Pilihan ini adalah bagi mahasiswa PSR dan SR yang secara struktur diberikan kebebasan untuk memilih mata kuliah pilihan.
  5. Terdapat mata kuliah yang sebelumnya ditawarkan akan tetapi karena jumlah peminatnya kurang dari standar jumlah peserta perkuliahan maka mata kuliah tersebut tidak dapat terjadwal .Keterangan:Mahasiswa bisa mengkonsultasikan dengan dosen wali atau korprodi.
  6. Pada mahasiswa PSR S1 dan SR 1 yang akan menginput atau mengambil mata kuliah pilihan namun dalam prodinya tidak diketemukan maka bisa mengambil mata kuliah pilihan tersebut diprodi lainnya. Hal itu bisa dilakukan karena mata kuliah tersebut telah disetting sebagai mata kuliah lintas prodi.Keterangan:Mahasiswa PSR bisa mengambil mata kuliah pilihan di SR,atau sebaliknya.Mata kuliah tersebut tersetting lintas prodi.

 

ASPEK KHUSUS YANG HARUS DICERMATI

A. Mahasiswa S1 Pendidikan Senirupa

  1. Angkatan 2011,2010,2009
    Mata kuliah yang dipilih disesuaikan dengan kurikulum 2012dan 2015 dengan memperhatikan daftar ekivalen (pengganti) mata kuliah dari struktur kurikulum 2008 ke kurikulum 2012.Keterangan : Mahasiswa harus mencermati daftar ekivalen (pengganti) mata kuliah dari struktur kurikulum 2008 ke kurikulum 2012.
  2. Angkatan 2012
    Mata kuliah pilihan yang ditawarkan dan dapat dijadwal adalah Kajian Seni Rupa Mancanegara, Esai Seni Rupa, Kolase dan Mozaik, Seni Rupa Alternatif, Seni Hias Kaca, dan Seni Grafis.
  3. Angkatan 2013
    Mata kuliah pilihan yang ditawarkan dan dapat dijadwal adalah Kajian Seni Rupa Nusantara, Kajian Semiotika Visual, Gambar Wayang, Seni Lukis, Seni Patung, Gambar Komik, Batik, Desain Poster, Kajian Seni Rupa Anak, dan Manajemen Pendidikan Seni Budaya.
  4. Angkatan 2014
    Mata kuliah telah terbagi menjadi kelas A dan kelas B. Namun ada mata kuliah yang terbagi menjadi kelas A, B, dan C. Mata kuliah tersebut adalah Kurikulum dan Buku Teks Pendidikan Seni Rupa dan Sejarah Seni Rupa Indonesia Modern.

 

B. Mahasiswa S1 Senirupa

a. Mahasiswa S1 Senirupa Angkatan 2011,2010,2009

  1. Mata kuliah yang dipilih disesuaikan dengan kurikulum 2012 dan 2015 dengan memperhatikan daftar ekivalen (pengganti) mata kuliah dari struktur kurikulum 2008 ke kurikulum 2012.
  2. Mahasiswa harus mencermati daftar ekivalen (pengganti) mata kuliah dari struktur kurikulum 2008 ke kurikulum 2012.

b. Mahasiswa S1 Senirupa Angkatan 2012

  1. Mata kuliah pilihan yang masih terjadwal di prodi SR adalah Kajian Seni Rupa Mancanegara. (Mahasiswa harus mencermati struktur kurikulum.)
  2. Mata kuliah pilihan yang semula ditawarkan di Prodi SRnamun penjadwalannya dipasang di Prodi PSR adalah Mata Kuliah Esei Seni Rupa, Kolase dan Mosaik, Seni Hias Kaca dan Seni Grafis. Mata kuliah tersebut sudah berstatus lintas prodi sehingga bisa diambil mahasiswa SR. Hal tersebut dilakukan agar mata kuliah tersebut memenuhi standar jumlah peserta perkuliahan. (Mahasiswa SR silahkan mengambil mata kuliah tersebut di Prodi PSR. )
  3. Terdapat mata kuliah yang sebelumnya ditawarkan akan tetapi karena jumlah peminatnya kurang dari standar jumlah peserta perkuliahan maka mata kuliah tersebut tidak dapat terjadwal. Mata kuliah tersebut adalah Gambar Potret 4 SKS, Gambar Imajinatif 4 SKS, Gambar Eksperimental 4 SKS, Gambar Pengembangan Pribadi 4 SKS. ( Mata kuliah tersebut nanti bisa dikonsultasikan lewat pengelola prodi (kajur, korprodi))

c. Mahasiswa S1 Senirupa Angkatan 2013

  1. Mata kuliah pilihan yang masih terjadwal di Prodi SR adalah Kajian Seni Rupa Nusantara, Kajian Semiotika Visual, Gambar Wayang. (Mahasiswa Prodi SR harus mengambil di prodi tersebut.)
  2. Mata kuliah konsentrasi gambar yaitu Mata Kuliah Gambar Eksperimental dan Gambar Pengembangan Pribadi yang semula ditawarkan dalam penjadwalan ini tidak dijadwal. (Pada angkatan ini tidak ada mahasiswa yang memilih konsentrasi gambar.)
  3. Mata kuliah pilihan yang semula ditawarkan di Prodi SRnamun penjadwalannya dipasang di prodi PSRadalah Mata Kuliah Seni Rupa Alternatif. Mata kuliah tersebut sudah berstatus lintas prodi sehingga bisa dimabil mahasiswa SR. (Mahasiswa bisa mengusulkan di semester antara atau mengambil MK ekivalen pada kurikulum 2012)

d. Mahasiswa S1 Senirupa Angkatan 2014

  1. Mata kuliah Gambar Imajinatif dan Gambar Potret yang merupakan Mata Kuliah Konsentrasi Gambar yang semula ditawarkan dalam penjadwalan ini tidak dapat dipasang (dijadwal). (Pada angkatan ini tidak ada mahasiswa yang memilih konsentrasi gambar.)

e. Mahasiswa S1 Senirupa Angkatan 2015

  1. Mata kuliah Lukis Cat Air dan Sketsa Pengembangan yang semula ditawarkan dalam penjadwalan ini tidak dapat dipasang karena jumlah peminatnya kurang memenuhi standar jumlah peserta perkuliahan.

    (Jumlah peminat konsentrasi lukis kurang memenuhi standar jumlah peserta perkuliahan.Mahasiswa bisa mengambil MK ekivalen (pengganti) pada kurikulum. (bisa dikoordinasikan dengan korprodi atau dosen wali)

  2. Angkatan 2015 dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas A, kelas B, dan kelas C. Silahkan mengambil mata kuliah yang telah diprogram(dipesan) sebelumnya sesuai kurikulum 2015 sesuai kode kelas yang sama.Semua mata kuliah yang diambil harus berkode yang sama, Kelas A, Kelas B, atau Kelas C. (Mahasiswa harus mencermati struktur kurikulum 2015.)

C. Mahasiswa D3 Desain Komunikasi Visual

  1. Semua mata kuliah dibuat satu rombel atau satu kelas untuk setiap angkatan perprodi baik angkatan 2015, 2014, dan 2013. (Mahasiswa harus mencermati struktur kurikulum.)

Imaji adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, dengar, dirasakan yang pada akhirnya dapat menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif dan kreatif

Leave a Reply