PENGEMBANGAN ASET VISUAL DALAM GAME SIMULASI PERTANIAN ORGANIK “ASTRO FARMER”

PENGEMBANGAN ASET VISUAL DALAM GAME SIMULASI PERTANIAN ORGANIK “ASTRO FARMER”

Oleh: Wandah Wibawanto
Dosen Jurusan Seni Rupa
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Dalam sebuah proses pengembangan game, terdapat tahapan pengembangan aset visual (Game Assets Development Phase) yaitu pengembangan aset visual yang meliputi grafis, efek visual, tipografi dan tampilan antarmuka (interface). Proses tersebut menjadi bagian penting dari design treatment sebuah game, karena merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan sebuah game. Astro Farmer adalah sebuah game simulasi pembelajaran pertanian organik, di dalamnya ditampilkan elemen edukasi berupa cara-cara bertani dan beternak secara organik. Game ini bertujuan untuk melatih kemampuan player untuk mengelola lahan pertanian secara optimal, menghasilkan keuntungan maksimal dengan tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan. Pengembangan aset visual game Astro Farmer menggunakan pendekatan symbolic analogy dimana ditampilkan representasi kondisi objek-objek pertanian pada dunia nyata yang diadaptasi ke dalam bentuk virtual.

Kata kunci: game, aset visual, desain, symbolic analogy.

Link PDF

Imaji adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, dengar, dirasakan yang pada akhirnya dapat menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif dan kreatif

Leave a Reply