Prestasi Jurusan Senirupa pada Mapres 2015 Meningkat

Prestasi Jurusan Senirupa pada Mapres 2015 Meningkat

Kabar positif datang dari kegiatan pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) 2015 tingkat Fakultas Bahasa dan Seni, yang diadakan di Gedung Dekanat pada tanggal 20 April 2015 kemarin. Jurusan Senirupa mendapatkan apresiasi yang baik dari audiense dan dewan juri dan mendapatkan posisi 3 dan posisi harapan 2 (5).

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan sebuah kegiatan tahunan untuk menyeleksi wakil terbaik dari tiap-tiap jurusan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk menggembangkan softskill-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan tangguh. Dalam era persaingan bebas seperti saat ini, dibutuhkan lulusan perguruan tinggi yang memiiliki hard skill dan soft skill yang seimbang. Oleh karena itu di tiap perguruan tinggi perlu melakukan identifikasi mahasiswa yang berprestasi di kedua kompetensi itu, dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi (Mawapres).

Aspek penilaian dalam pemilihan Mawapres meliputi prestasi akademik (IP), Sertifikat dan penghargaan yang pernah diperoleh oleh para peserta, karya tulis ilmiah, kemampuan dalam presentasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Mengingat begitu banyaknya syarat yang harus diajukan untuk mengikuti pemilihan, seleksi yang ketat diadakan mulai dari tingkat jurusan hingga ke tingkat Universitas.

Pada tahun ini Jurusan Senirupa diwakili oleh 2 mahasiswi berprestasi yaitu Illiyin Nurul Arsy dari prodi Pendidikan Seni Rupa dan Putri Kharisma Alam dari prodi Senirupa konsentrasi DKV. Kedua mahasiswi tersebut dipilih melalui tahapan seleksi internal yang melibatkan penilaian berkas, karya tulis ilmiah dan sikap oleh beberapa Dosen Seni Rupa. Dengan IPK rata rata 3,6 dan tulisan Karya Ilmiah yang sangat baik serta beberapa prestasi, pada akhirnya kedua mahasiswi tersebut dipastikan untuk mewakili jurusan Seni Rupa.

Dalam acara pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2015, Illiyin Nurul Arsy membawakan karya ilmiah berjudul “Kelibar (Kertas Lipat Bergambar) sebagai media memperkenalkan motif nusantara kepada siswa sekolah dasar kelas rendah”. Dalam presentasinya Illiyin menampilkan latarbelakang yaitu terkikisnya nilai budaya lokal pada usia anak-anak, yang harus direspon segera dan salah satu bentuk respon tersebut adalah dengan menggunakan media kertas bergambar motif nusantara. Presentasi tersebut dibawakan dengan sangat baik, dan mendapatkan respon positif dari juri. Setelah penilaian berkas, presentasi dan karya ilmiah, Illiyin mendapatkan posisi 3 terbaik (posisi 3 setelah juara 1 diperoleh langganan juara dari Jurusan Bahasa Inggris dan juara 2 pakar presentasi dari Jurusan Bahasa Indonesia).

Di kesempatan lain, Putri Kharisma Alam membawakan presentasi karya ilmiah “Invibra (Incubator Visual Branding) bagi UMKM sebagai upaya peningkatan nilai jual produk”. Dengan disertai beberapa contoh hasil visual branding, yaitu contoh yang sama dengan karya pameran Pasar Branding #2 (produk Mang Sit So), presentasi Putri mendapatkan repon positif dan menjadi karya tulis dengan nilai tertinggi di seleksi Mawapres tahun ini. Sayang, karena kalah dalam penilaian berkas dan presentasi bahasa Inggris, Putri KA harus berbangga dengan juara harapan 2 (terbaik ke 5).

mapres_1mapres_2

Prestasi yang dicapai oleh Illiyin dan Putri merupakan prestasi yang sangat membanggakan Jurusan Senirupa. Meskipun tidak berhasil menjadi pemenang, kedua mahasiswi ini telah membawa nama baik jurusan Senirupa dan berhasil mengalahkan prestasi dari mahasiswa/i lain dari 5 jurusan lain yang berada di FBS. Semoga prestasi kedua mahasiswi ini dapat menginspirasi generasi penerus Jurusan Seni Rupa, sehingga pada tahun-tahun berikutnya para penerus mampu meningkatkan prestasinya atau setidaknya mempertahankan prestasi ini.

Sudah siapkah anda generasi penerus Seni Rupa??

Imaji adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, dengar, dirasakan yang pada akhirnya dapat menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif dan kreatif

1 Comment

Leave a Reply